29
Nov
07

PENJELASAN TENTANG RIZKI

“Dan tiada suatu hewan melata di bumi, kecuali dijamin rizkinya oleh Allah, dan Dia Mengetahui pasti tempat tinggal/kediamannya, serta tempat penimbunannya. Semuanya ditulis dalam kitab nyata/Laduhil Mahfudh.” (QS Huud 11: 6)

Dijelaskan bahwa Imam az-Zahidi hendak membuktikan keyakinan yang mantap dalam hal rizki. Untuk itu ia mulai menjelajah bumi, menuju bukit, kemudian masuk gua dan dudukla ia disudut gua tersebut. Di dalam benaknya ia berkata: “Aku hendak mengamati cara apakah Tuhan memberik rizkiku di tempat ini ?

Maka ada suatu kafilah tersesat jalan, dan hujanpun turun saat itu, hingga merekapun sibuk mencari tempat berteduh, dan masuklah ke dalam gua dimana Az-Zahidi berada di dalamnya, dan merekapun melihatnya. Mereka bertanya: “Hai hamba Allah!” Iapun tak menjawab. Lanjut mereka: “Kemungkinan ia dingin dan tidak mampu berbicara.” Kemudian mereke membuat bakaran api didekatnya, menghangatkan tubuhnya dan mengajaknya berbicara. Iapun belum menjawab. Sahut mereka: “Kemungkinan ia kelaparan”, lalu mereka memberinya makanan berisyarat kepadanya. Sedikitpun ia tidak mengambilnya. Sahut mereka pula: “Hal ini akibat lama ia tidak makan suatu apapun.” Lalu dimasakkan susu hangat, supaya ia mau makan. Juga kolak manis diberikan kepadanya, namun ia tidak menolehnya. Sahut mereka: “Gigi-gigi mulutnya merapat. Dan tegaklah dua orang diantara mereka, mengambil pisau untuk membuka mulutnya, selanjutnya ia disuapi sesuap makanan ke dalam mulutnya. Akhirnya Az-Zahidi tertawa. Sahaut mereka berdua: “Sudah gilakah anda ?” Jawabnya: “Tidak, aku sekali-kali tidak gila, hanya aku hendak buktikan sampai sejauh mana Tuhan menjami rizkiku, maka akupun tahu pasti bahwa Allah pasti jamin rizkiku dan rizki hambaNya kapan saja, dimana saja hamba itu berada dan dengan cara apa saja.” (Raunaqil Majalis)

Tawakal

Hatim AL-‘Asham menjelaskan: Tawakal itu ada 4 bentuknya, yaitu:

  1. Tawakal atas makhluk
  2. Tawakal atas harta
  3. Tawakal atas pribadi/diri sendiri
  4. Tawakal kepada Tuhan

Tawakal atas makhluk, yaitu seseorang berpendirian: Sepanjang ada si anu, maka tiada kesulitan bagiku. Dan tawakal atas harta, yaitu seseorang berpendirian: Sepanjang aku punya harta banyak, maka tiada bahaya sedikitpun yang menimpa diriku. Dan tawakal atas dirinya, yaitu seseorang berpendirian: Selama tubuhku sehat, maka tiada kekurangan sedikitpun bagiku. Dan tawakal kepada Allah, yaitu, seseorang berpendirian: Tak pedulikan diriku menjadi orang kaya atau miskin, sebab Allah selalu menyertaiku. Dialah yang menjaminku dengan cara yang Dia kehendaki. Dari 4 bentuk tawakal, 3 diantaranya yaitu tawakal bentuk pertama, kedua dan ketiga adalah tawakal yang biasa dilakukan oleh orang-orang bodoh. (Hadits Arba’in)

Hakikat Syukur

Hakikat syukur ialah memanfaatkan nikmat pemberian Allah terutama setiap anggota tubuh sesuai fungsinya untuk berbakti kepada Allah swt, bukan sebaliknya dibuat maksiat kepadaNya. Tujuh lobang pada tubuh kita, yakni mata, telinga, lobang hidung dan mulut serta 2 jalan muka + belakang, hendaklah dipelihara dari hal-hal yang diharamkan dan dimakruhkan, suapaya mampu menutup rapat pintu-pintu jahanam sebanyak 7 buah dan bertingkat. Maka jika semua itu dimanfaatkan sesuai fungsinya untuk berbakti dan beribadat kepada Allah swt penuh perhatian dan ikhlas, pasti terbukalah pintu-pintu sorga sebanyak 8 buah bagi kita. (Syarah Mashbih).

Nabi saw bersabda: “Mintalah kekayan dari Allah swt.” Para sahabat bertanya: “Apa yang dimaksud ya Rasul ?” Jawabnya: “Makan siang dan malam hari.”

(dikutip dari buku duratun Nasihin BAB 27 – hal 348)

1 Response to “PENJELASAN TENTANG RIZKI”


  1. Sabtu, 9 Januari 2010 pukul 22:30

    Bagus banget artikelnya….Saya juga salah satu penggemar Durattun Nasihin…kebetulan saya juga udah tamat bacanya….oya kalau bisa tulis aja semua isi terjemahannya diblogmu ini..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Mengenai Saya

MUHASABA-lah karena setiap perberbuatan kebaikan akan berbuah kebaikan & setiap perbuatan keburukan akan berbuah keburukan.

Kalender

November 2007
S S R K J S M
« Okt   Des »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

%d blogger menyukai ini: